5 Hal yang harus di perhatikan ketika sewa gedung pernikahan

Memiliki pernikahan yang mengesankan menjadi salah satu faktor yang digunakan oleh sebagian orang untuk mengadakan resepsi pernikahan. Pesta pernikahan tersebut diselenggarakan sesuai dengan tema yang diinginkan oleh pengantin. Biasanya, calon pengantin akan memilih untuk melakukan sewa gedung pernikahan, akan tetapi sebelum menggunakan gedung pernikahan sebagai tempat menggelar resepsi, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

Pertama adalah tema. Apakah pesta pernikahan Anda akan diselenggarakan dengan di dalam ruangan atau di luar ruangan. Pesta yang diselenggarakan di luar ruangan biasanya bertema lebih santai karena pada umumnya dilakukan standing party walaupun standing party juga dapat dilakukan di gedung. Jika di luar ruangan, lebih dapat menghemat biaya pencahayaan karena dapat menggunakan cahaya matahari. Sedangkan pesta di dalam ruangan biasanya lebih resmi dan menyuguhkan berbagai jenis hiburan seperti tarian ataupun organ tunggal.

Kedua adalah besar kecilnya rumah dan halaman serta jumlah undangan. Sewa gedung pernikahan dilakukan biasanya karena alasan tidak ada tempat yang dapat menampung undangan dan ingin menggunakan dekorasi tertentu yang tidak dapat dilakukan di rumah. Biasanya, walaupun rumah tidak cukup untuk menampung tamu, halaman dapat menjadi alternatif namun jika jumlah undangan yang Anda miliki cukup banyak, maka sebaiknya memilih untuk menyewa gedung pernikahan. Hal tersebut dilakukan agar tamu juga merasa nyaman saat menghadiri pesta pernikahan Anda misalnya tidak merasa sesak karena terlalu sempit tempatnya dan tidak terlalu panas.

Ketiga adalah pertimbangkan masalah cuaca. Saat ini cuaca sedang tidak menentu bahkan terkadang hujan dapat turun kapan saja. Jika menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah terutama di halaman, tenda tidak terlalu membantu agar para tamu yang menghadiri pesta pernikahan Anda tetap kering atau tidak kehujanan. Jika Anda menyelenggarakan pesta pernikahan saat musim panas dan undangan tidak terlalu banyak, menggunakan rumah dan halaman dapat menjadi pilihan yang baik namun jika cuaca tidak menentu seperti sering hujan lebat, sebaiknya menggunakan gedung pernikahan walaupun jumlah undangan tidak terlalu banyak, namun mampu melindungi tamu dari hujan dan pernikahan Anda tidak terganggu.

Keempat adalah pertimbangkan mengenai budget atau biaya pernikahan yang Anda miliki. Perhatikan mengenai keuangan Anda, jika Anda hanya memiliki keuangan yang cukup untuk menggelar pernikahan sederhana, maka sebaiknya gelar pernikahan sederhana walaupun saat ini sudah terdapat beberapa tempat yang menyediakan pinjaman untuk biaya pernikahan. Agar lebih hemat, pilih gedung pernikahan yang memberikan paket pernikahan misalnya paket untuk menyewa tempat disertai dengan dekorasi atau jenis makanan atau segala keperluan seperti kursi dan meja untuk tamu yang akan hadir.

Kelima adalah sebelum Anda melakukan sewa gedung pernikahan, pertimbangkan hal-hal yang berkaitan dengan gedung tersebut selain besar kecilnya gedung yang dapat memuat tamu undangan Anda. Pertimbangan tersebut yaitu:

  • Fasilitas yang dapat Anda peroleh dari gedung tersebut. Beberapa fasilitas yang dapat dijadikan pertimbangan diantaranya adalah listrik, sound sistem, AC sehingga saat acara pernikahan sedang berlangsung, tidak terjadi masalah misalnya listrik mati karena daya tidak kuat, ruangan menjadi panas karena tidak ada kipas angin atau AC.
  • Lokasi. Apakah lokasi dari tempat tersebut mudah ditemukan oleh tamu undangan yang tidak berasal dari daerah tempat Anda menyelenggarakan pernikahan atau tidak. Jangan sampai tamu undangan Anda tidak jadi datang ke pernikahan Anda karena tidak tahu tempatnya.
  • Tempat parkir. Pastikan jika kendaraan dari tamu undangan mendapatkan tempat parkir sehingga membuat nyaman tamu dan masyarakat atau pengguna jalan di sekitar.

LEAVE A REPLY