Syarat-syarat Wajib Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank
Syarat-syarat Wajib Ajukan Pinjaman Tanpa Jaminan Non Bank

Dengan keadaan perekonomian negara ini yang tengah mengalami gempuran fluktuasi yang terus menerus membuat beberapa kalangan masyarakat semakin mengalami kendala dan kesulitan demi memenuhi kebutuhan hidup primer maupun sekunder atau yang sifatnya urgent. Melakukan pinjaman ke bank mungkin bisa menjadi sebuah solusi, terlebih lagi ada beberapa bank yang menawarkan Kredit Tanpa Agunan dengan kartu kredit maupun tanpa kartu kredit. Namun, masih saja ada orang yang enggan mengurus pengajuan pinjaman ke bank, bisa jadi selain tidak memiliki rekening di bank tersebut, ada juga yang enggan karena beranggapan akan mengalami kesulitan saat harus melakukan angsuran pengembalian pinjaman dan berurusan dengan pihak bank yang tentu akan lebih memberatkan kondisi Anda. lantas, mungkinkah ada pinjaman tanpa jaminan non bank seperti layaknya kita meminjam ke saudara atau teman? Jawabannya adalah tentu saja ada.

Dewasa ini, sudah banyak sekali lembaga keuangan selain bank yang menawarkan pinjaman atau kredit yang mudah dan cepat. Salah satunya adalah koperasi simpan pinjam. Seperti layaknya KTA atau Kredit Tanpa Agunan yang ditawarkan oleh bank, pinjaman tanpa jaminan ini juga memudahkan Anda untuk meminjam uang tanpa persyaratan seperti aset berharga dan kartu kredit. Namun yang perlu menjadi catatan adalah pinjaman uang tunai ini biasanya adalah pinjaman jangka pendek dengan nominal yang relatif lebih kecil daripada limit yang ditawarkan bank, yaitu hanya berkisar antara 3 hingga 5 juta rupiah saja. Jika lebih dari itu biasanya ada persyaratan tertentu seperti penghasilan tetap minimal di atas 10 juta rupiah atau lebih sesuai ketentuan si pihak pemberi pinjaman.

Syarat-syarat yang mutlak dimiliki oleh calon debitur pinjaman tanpa jaminan non bank ini juga sama seperti syarat yang diajukan oleh pihak bank antara lain:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal dan memiliki KTP wilayah Indonesia.
  • Memiliki usia yang cukup yang telah ditentukan pihak lembaga keuangan non-bank. Biasanya minimal 18-21 tahun.
  • Memiliki penghasilan minimal sesuai yang ditentukan lembaga keuangan. Semakin besar penghasilan Anda maka akan semakin mudah dan cepat prosesnya.
  • Menyertakan bukti slip gaji terakhir atau Surat Keterangan Kerja dari perusahaan si calon debitur.
  • Persyaratan batas pinjaman tidak melebihi limit yang ditentukan. Pinjaman tanpa jaminan oleh lembaga keuangan ini biasanya hanya berjangka 15 hingga 30 hari, selain itu nominal uang yang akan dipinjam biasanya juga kecil. Di bawah 5 juta rupiah. Ketika si debitur mengalami keterlambatan pengembalian uang pinjaman biasanya akan dikenai biaya lain atau denda.

Akan tetapi sebelum mengajukan aplikasi untuk pinjaman ini, untuk menghindari kerugian atau penipuan yang akhir-akhir ini semakin meresahkan, ada baiknya jika Anda memperhatikan tips-tips seperti berikut ini:

  • Pastikan lembaga keuangan tersebut mempunyai izin resmi berdiri yang sah dari pemerintah atau berbadan hukum.
  • Sudah dikenal dan dipercaya masyarakat atau memiliki reputasi yang baik dari nasabahnya.
  • Carilah yang paling dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Sehingga Anda tidak kesulitan dalam mengembalikan dana pinjaman.
  • Pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan suku bunga rendah, bandingkan antara satu dengan yang lainnya sehingga Anda punya gambaran mana lembaga keuangan yang akan Anda pilih sebagai calon kreditur.

Dengan ulasan tentang cara mengajukan pinjaman tanpa jaminan non bank seperti di atas, mulai dari persyaratan hingga tips-tipsnya, maka Anda sudah tidak perlu risau lagi untuk segera mengajukan pinjaman atau kredit Anda.

LEAVE A REPLY