Pengertian Penjualan Kredit dan Faktor-faktor di Dalamnya
Pengertian Penjualan Kredit dan Faktor-faktor di Dalamnya

Aktivitas penjualan kredit atau pembayaran lewat sistem kredit tentu bukanlah hal yang asing bagi Kita semua. Biasanya hal ini dilakukan dalam transaksi jual beli barang berharga seperti rumah, kendaraan dan berbagai jenis barang lainnya. Pengertian penjualan kredit itu sendiri ialah metode penjualan yang diterapkan secara non-tunai melalui cicilan atau angsuran dengan berbagai perhitungan. Penjualan kredit dilakukan dengan tujuan mendapat laba yang jauh lebih besar dibandingkan metode penjualan biasa secara tunai pada umumnya. Dalam melakukan penjualan kredit, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Beberapa faktor yang dimaksud diantaranya yaitu:

  • Persyaratan dan standar kredit.

Setiap aktivitas penjualan kredit pasti memiliki aturan dan syarat tertentu yang diberikan oleh pihak penjual kepada pihak penerima manfaat kredit. Syarat tersebut bisa berupa syarat dokumen administrasi, penghasilan dan lain-lain. Standar kredit juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan karena dapat mempengaruhi dan menstimulasi permintaan kredit. Biasanya penjualan kredit dilakukan untuk mendapat laba yang tinggi sehingga resiko hutang dan biaya tambahan yang lebih tinggi dari harga asli akan dihadapi oleh pihak penerima manfaat kredit.

  • Sistem pembayaran.

Terdapat dua jenis sistem atau syarat pembayaran yang dapat dilakukan melalui aktivitas penjualan kredit, ada yang bersifat ketat dan ada pula yang bersifat lunak. Perusahaan yang menerapkan pembayaran kredit ketat biasanya mengutamakan keamanan kredit dengan memberikan batas waktu pembayaran yang singkat dengan pemberian denda bunga jika pembayarannya terlambat. Sementara itu, pembayaran kredit lunak memberikan kelonggaran sehingga investasi perusahaan dalam hutang piutang yang diterapkan lebih besar dibandingkan pembayaran yang bersifat ketat bila pembayarannya terlambat.

  • Plafon kredit.

Ketika memberikan fasilitas kredit pada pelanggan, setiap perusahaan memberikan plafon atau batasan kredit yang berbeda-beda. Hal ini ditentukan dan diperhitungkan sesuai tingkat kemampuan pelanggan. Pasalnya, masing-masing individu memiliki kemampuan yang berbeda dan dapat mempengaruhi alur atau berlangsungnya proses kredit yang berjalan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pengertian penjualan kredit adalah metode penjualan yang penuh perhitungan sehingga pelaksanaan kebijakan kredit perlu dilakukan dengan memperhitungkan kemampuan masing-masing pelanggan sehingga pembayaran kredit akan terkontrol dengan maksimal.

  • Volume atau batas maksimal kredit.

Setiap perusahaan memberikan batasan atau volume limit kredit yang bervariasi. Hal ini nantinya dapat menentukan dan mempengaruhi jumlah investasi piutang yang dimiliki. Semakin banyak atau tinggi batas kredit yang ditetapkan untuk setiap pelanggan, maka semakin besar dana investasi piutang yang dikembangkan. Namun jika volume atau batas maksimal kredit dibatasi dengan nominal yang minim dan penyelesaian pelanggan kredit dilakukan secara selektif, maka jumlah investasi piutang akan semakin kecil.

  • Kebijakan pengumpulan piutang.

Ada dua cara yang bisa diterapkan oleh perusahaan dalam melakukan pengumpulan piutang, yaitu ada yang aktif dan ada pula yang pasif. Pelaksanaan kebijaksanaan pengumpulan piutang secara aktif membutuhkan dana yang lebih besar untuk membiayai setiap aktivitas pengumpulan yang diterapkan. Lain halnya dengan pengumpulan piutang pasif yang mengeluarkan uang lebih sedikit untuk membiayai aktivitas pengumpulan piutang yang dilaksanakan.

Itulah sekilas informasi mengenai pengertian penjualan kredit dan berbagai macam faktor yang ada di dalamnya. Pada dasarnya, setiap faktor kredit ditentukan dan dilaksanakan oleh kebijakan pihak perusahaan yang menyediakan manfaat kredit bagi pelanggan. Namun faktor tersebut juga selalu diperhitungkan dan disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing pelanggan sehingga penjualan kredit berjalan lancar dan menguntungkan.

Shopping Online Payment Shop Credit Card Concept

LEAVE A REPLY