7 Cara mengatur Biaya pernikahan agar Hemat dan Tidak berlebih

Pernikahan merupakan salah satu momen yang sangat berharga sehingga setiap orang menginginkan agar momen tersebut tetap dapat terkenang. Karena hal tersebut, banyak orang yang akhirnya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk dapat menggelar pesta pernikahan sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi, untuk menggelar pesta tersebut, Anda harus mengeluarkan biaya pernikahan yang taidak sedikit bahkan dapat mencapai puluhan juta rupiah.

 

Untuk menghemat biaya resepsi pernikahan tersebut, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Pertama adalah tentukan tema pernikahan terlebih dahulu. Tema pernikahan sangat berpengaruh pada besar kecil biaya yang digunakan. Dari tema tersebut, beberapa jenis barang atau perlengkapan yang digunakan lebih mahal seperti untuk pernikahan dengan tema tradisional jawa dan mengikuti tradisi yang ada, Anda diharuskan untuk membeli ataupun menyewa barang untuk pesta pernikahan tersebut.

 

Kedua adalah menyusun daftar perlengkapan dan biaya. Pos pengeluaran ini sangat diperlukan untuk menghitung besar biaya yang akan Anda keluarkan. Biasanya, agar pesta pernikahan lebih berkesan, alokasikan budget yang lebih besar sekitar 30% untuk bagian dekorasi. Akan tetapi, karena Anda ingin agar pernikahan Anda lebih hemat pengeluarannya, pastikan jika biaya dekorasi tersebut tidak melebihi dari biaya yang telah Anda tentukan sebelumnya. Jika terdapat barang yang tidak dapat Anda temukan atau harganya melebihi dari yang Anda tentukan, Anda dapat menggunakan barang lama Anda atau yang ada di sekitar Anda misalnya dengan memanfaatkan tanaman bunga di pot Anda sebagai pelengkap dekorasi.

 

Ketiga adalah dengan mencari gedung yang murah atau mencari paketan gedung. Sebelum Anda memilih gedung atau tempat resepsi, survey terlebih dahulu dan pastikan tidak melebihi dari biaya pernikahan yang telah Anda buat sebelumnya. Jika terpaksa, pastikan tidak selisih jauh dengan budget yang Anda buat sehingga tidak menyusahkan Anda ketika ternyata terdapat beberapa kebutuhan yang harus ditutupi. Jika terpaksa mengambil gedung karena jumlah undangan yang banyak, pilih gedung yang memiliki paket pernikahan yang biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas dekorasi sehingga biaya yang Anda keluarkan akan menjadi lebih hemat dan sisa biaya dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya. Jika Anda memiliki taman belakang yang cukup luas, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan tempat tersebut sebagai tempat resepsi dengan tema standing party atau resepsi seperti biasa.

 

Keempat adalah memilih makanan. Salah satu yang menjadi perhatian tamu saat menghadiri pernikahan tidak hanya dekorasi namun makanan. Pilih dengan cermat makanan yang akan disajikan. Anda tidak perlu memilih makanan dengan harga yang mahal namun, perhatikan rasa dari makanan tersebut apakah enak atau tidak. Jika Anda menggunakan catering, pilih catering yang menawarkan paket atau harga yang lebih murah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan jumlah tamu Anda agar makanan tidak kurang. Biasanya, penghitungan makanan dirumuskan dengan jumlah tamu dikali 2, sehingga tidak hanya Anda dapat menghemat biaya namun juga tidak membuang makanan yang ada karena jumlahnya terlalu banyak.

 

Kelima adalah jangan mengeluarkan biaya pernikahan secara berlebihan untuk hiburan. Biasanya di pesta pernikahan membutuhkan hiburan seperti campur sari ataupun organ tunggal akan tetapi, untuk menghemat biaya, jangan terlalu banyak menggunakan hiburan. Pilih hiburan yang sesuai dengan yang Anda inginkan dan tidak lebih dari budget yang Anda buat. Jika Anda memiliki teman yang mampu bernyanyi ataupun yang memiliki band, Anda dapat menggunakan jasa mereka untuk mengisi acara pernikahan Anda dan tentunya membuat Anda lebih menghemat biaya.

 

Selain Tema, Makanan dan Tempat, Ini yang Harus Masuk ke Rencana Biaya Pernikahan

 

Tema, makanan serta tempat menjadi beberapa pertimbangan yang harus benar-benar dipikirkan sebelum Anda menikah. Hal tersebut dikarenakan ketiga faktor tersebut menjadi faktor paling besar yang mempengaruhi biaya pernikahan Anda. Akan tetapi, dalam menghitung rencana biaya pernikahan, tidak hanya ketiga faktor tersebut yang harus dipikirkan matang-matang karena terdapat beberapa faktor lainnya yang harus dipertimbangkan agar biaya pernikahan tidak membengkak dan menyusahkan Anda.

 

Pertama adalah baju pernikahan dan pakaian lainnya. Pakaian yang lainnya termasuk pakaian untuk keluarga, pengiring pengantin jika menggunakan. Jika menginginkan untuk memiliki pakaian pernikahan sehingga dapat digunakan untuk orang lain misalnya anggota keluarga yang lainnya, Anda dapat membuatnya sendiri namun perhatikan budget yang dimiliki, begitu pula untuk seragam anggota keluarga. Namun, apabila Anda hanya memiliki budget sedikit, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa penyewaan pakaian termasuk pakaian seragam untuk keluarga ataupun untuk pengiring pengantin.

 

Kedua adalah undangan. Pilih kartu undangan dengan design yang sesuai dengan pernikahan Anda dan tidak menguras kantong Anda. Pertimbangkan mengenai jumlah undangan yang akan hadir di pesta pernikahan Anda. Dalam menulis undangan, pastikan jika Anda menuliskan terlebih dahulu keluarga Anda karena pernikahan merupakan salah satu momen sakral dan sebaiknya dihadiri oleh keluarga Anda. Setelah menulis keluarga yang akan diundang, tulis teman dekat dari kedua belah pihak dan tetangga Anda misalnya lurah, RT, RW ataupun tetangga yang dekat dengan Anda. Setelah itu, Anda dapat mengundang teman sekolah atau kuliah atau kerja Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan banyaknya undangan misalnya jika Anda memiliki budget terbatas, batasi undangan sebanyak 300. Hal tersebut dikarenakan banyak undangan juga akan mempengaruhi:

 

  • Banyak makanan yang harus dihidangkan.
  • Besar kecilnya tempat yang harus digunakan.
  • Banyak sedikitnya souvenir yang harus disiapkan.

 

Ketiga adalah tata rias. Biasanya tata rias digabungkan dengan busana atau pakaian yang akan Anda gunakan untuk menikah. Akan tetapi, untuk beberapa orang yang menggunakan pakaian milik sendiri, Anda harus menggunakan jasa tata rias sehingga tampilan Anda dapat lebih maksimal. Keempat adalah dokumentasi. Menggunakan jasa dokumentasi harus masuk ke dalam rencana biaya pernikahan yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin agar lebih hemat, Anda dapat menggunakan jasa dokumentasi yang menawarkan paket pernikahan atau meminta bantuan teman Anda yang bekerja atau memiliki kemampuan di bidang fotografi.

 

Kelima adalah souvenir. Pikirkan mengenai souvenir yang akan diberikan kepada tamu. Misalnya budget Anda benar-benar terbatas, Anda dapat memberikan souvenir murah seperti gantungan kunci yang diberi nama Anda dan pasangan Anda atau kipas. Jangan memaksakan diri untuk membeli souvenir mahal terutama jika undangan yang Anda sebar lebih dari 500 undangan.

 

Faktor lainnya yang harus dipertimbangkan untuk masuk ke rencana biaya pernikahan yaitu:

 

  • Apakah Anda akan menggunakan jasa wedding organizer atau tidak. Jika Anda menggunakan jasa WO tentunya biaya akan lebih mahal namun Anda dapat lebih tenang dan tidak terlalu ribet karena sudah ada yang mengurusi pernikahan Anda.
  • Perlengkapan dan fasilitas lainnya misalnya menggunakan genset atau tidak untuk tambahan daya jika sumber listrik di tempat Anda tidak mendukung.
  • Pendaftaran pernikahan. Misalnya akan melakukan ijab qabul di KUA yang tidak membayar atau memanggil petugas KUA ke rumah namun dengan biaya yang lebih besar.
  • Hiburan pernikahan.
  • Liburan atau bulan madu Anda.

 

LEAVE A REPLY