5 Tips Mudik dengan Kendaraan Roda 2
5 Tips Mudik dengan Kendaraan Roda 2

Bagi beberapa pendatang yang bekerja di kota besar tentunya ada saat-saat dimana mereka akan pulang ke kampung halaman. Di Indonesia sendiri waktu paling tepat untuk pulang memang menjelang datangnya Idul Fitri atau hari raya, karena memang ada kewajiban tersendiri bagi muslim untuk silaturahmi dengan orang tua dan juga sanak saudara mereka. Rata-rata di musim mudik lebaran ini jalanan juga sangat padat, mengingat ada yang menggunakan motor, kendaraan pribadi hingga sarana transportasi umum seperti bus untuk bisa sampai ke kampung halaman. Namun ketahui juga tips mudik agar lebih amannya.

Tak bisa dipungkiri bahwa arus kendaraan yang begitu padat hingga faktor kelelahan sering kali menyebabkan pemudik kecelakaan, angka kematian di bulan-bulan tersebut juga kian tinggi. Sehingga wajib bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menjaga keamanan lalu lintas saat memasuki daerah yang sangat ramai kendaraan. Apalagi bagi yang menggunakan kendaraan roda 2 atau motor, faktor kelelahan hingga kondisi mesin yang kurang prima sering kali menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Untuk lebih amannya mengenai cara pulang ke kampung halaman menjelang hari raya idul fitri ini, berikut ada tips mudik yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan yang prima. Sebenarnya salah satu faktor terjadinya kecelakaan adalah para pemudik yang cenderung acuh terhadap kendaraan yang digunakan, mereka hanya mengutamakan fisik luarnya saja, tanpa check di bagian dalam sehingga tak tau jika memang ada bagian yang bermasalah, bisa terlebih dahulu membawanya ke tempat service dan paling tidak menyiapkan beberapa alat dasar seperti obeng selama perjalanan, takut-takutnya nanti motor Anda mogok di tengah jalan.
  2. Jangan memaksakan diri untuk berkendara saat Anda lelah, faktor lain yang juga menyebabkan angka kecelakaan lalu lintas untuk kendaraan roda 2 tinggi adalah kelelahan, memaksakan diri untuk tetap mengendarai meski sudah capek, paling tidak jika memang Anda mengajak orang lain sekali-kali bisa bergantian agar tak terlalu lelah.
  3. Jika Anda berkendara dalam jarang jauh sebaiknya tak berpuasa terlebih dahulu, karena tanpa asupan makanan tubuh akan kurang fokus dan mudah lemas.
  4. Bagi yang membawa anak kecil dalam berkendara lebih seringlah untuk istirahat, mengingat buah hati Anda pasti akan mudah lelah.
  5. Bawalah barang secukupnya, baik itu pakaian atau perlengkapan yang lain jangan terlalu serakah dengan membawa dalam jumlah banyak, karena ini sangat mempengaruhi kenyamanan Anda.

Setidaknya itulah 5 tips mudik menggunakan kendaraan roda 2 untuk lebih aman dan nyamannya. Pulang ke kampung halaman di hari yang fitri memang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia, namun jangan lupa untuk mengutamakan keselamatan Anda di perjalanan.

LEAVE A REPLY