10 Syarat Membuat Kartu Kredit Baru yang harus kamu ketahui
10 Syarat Membuat Kartu Kredit Baru yang harus kamu ketahui

Memiliki alat pembayaran kartu kredit akan memudahkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran belanja. Kartu kredit saat ini sudah banyak dimiliki orang karena kemudahan yang ditawarkan tersebut. Ada berbagai jenis kartu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan penghasilan pemiliknya dan juga sesuai dengan persetujuan dari bank penerbit. Namun kartu kredit tetap tak bisa dimiliki oleh semua orang karena untuk mendapatkannya ada syarat membuat kartu kredit yang harus dipenuhi oleh pemohon.

Sebuah kartu kredit dapat digunakan pemiliknya untuk membayar berbagai transaksi belanja baik berupa barang kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, tiket perjalanan hingga makanan. Proses pembayaran yang bisa dilakukan dengan kartu kredit pun beragam diantaranya pembayaran cash dan sistem cicilan. Dengan begitu pemakai kartu kredit bisa menyesuaikan dengan dana yang dimiliki sehingga bisa me-manage dengan lebih baik untuk pengeluarannya. Karena banyaknya peminat kartu kredit, kini baik bank nasional dan internasional hampir semuanya memiliki fasilitas tersebut. Bagi Anda yang ingin memilikinya, Anda bisa mengajukan permohonan kartu kredit di bank yang Anda pilih.

Seperti yang dikatakan di awal, bahwa kartu kredit merupakan fasilitas dari bank kepada nasabah dengan persyaratan tertentu. Dapat dikatakan semua orang bisa mengajukan permohonan kepemilikan kartu kredit namun bank berhak menentukan yang mana yang memenuhi syarat, dan mana yang belum memenuhi syarat. Si pemohon bisa melengkapi kembali persyaratan yang belum lengkap dan mengajukan kembali beberapa waktu kemudian.

Lalu apa saja syarat membuat kartu kredit tersebut? Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus Anda persiapkan untuk mengajukan permohonan kartu kredit:

  • Salinan KTP atau bukti identitas diri.
  • Slip gaji.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir untuk wiraswasta.
  • Salinan NPWP jika memiliki.
  • Surat keterangan karyawan tetap.
  • SIUP / TDP untuk wiraswasta.

Sedangkan persyaratan kondisi yang harus dipenuhi oleh calon pemilik kartu kredit bisa beragam tergantung dari bank yang mengeluarkan kartu kredit, namun syarat umumnya adalah:

  • Berusia 21 tahun hingga 55 tahun.
  • Memiliki penghasilan per bulan minimal Rp. 3 juta.
  • Tidak di blacklist oleh bank Indonesia.
  • Bersedia ditelepon untuk survey.

Proses survey pada kartu kredit tidaklah seperti proses survey dari bank untuk kredit serbaguna dengan agunan. Petugas survey pengajuan kartu kredit hanya akan menelpon nomor Anda, nomor kantor Anda dan nomor keluarga yang tidak serumah untuk mencocokkan data yang telah Anda berikan. Meski hanya lewat telepon saja namun jika ada data yang tidak sama dan mencurigakan, pihak bank bisa langsung menganggap permohonan Anda tidak layak untuk disetujui. Karenanya berikan data atau informasi yang benar sehingga memudahkan proses survey yang akan dilakukan.

Setelah Anda memberikan semua syarat membuat kartu kredit dan menandatangani formulir pendaftarannya, bank akan meneruskannya dengan proses survey. Proses survey bisa dilakukan selama maksimal 5 hari kerja sehingga Anda bisa menanyakan apakah permohonan Anda disetujui atau tidak setelah itu. Namun biasanya bank akan memberikan notifikasi melalui sms apabila kartu Anda disetujui atau ditolak. Jika permohonan disetujui maka kartu akan langsung dikirim ke alamat yang telah Anda informasikan sebelumnya. Jika Anda sudah memiliki kartu kredit, gunakanlah secara bijaksana agar tidak terjerumus dengan hutang yang tidak perlu. Jangan lupa membayar tagihan kartu kredit sebelum tiba masa jatuh tempo sehingga nama Anda tetap bersih di dunia perbankan.

LEAVE A REPLY